Senin, 26 Agustus 2013

MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN EKSPLORASI, ELABORASI DAN KONFIRMASI PADA PEMBELAJARAN IPA



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru dalam keterampilan melaksanakan kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi  pada pembelajaran IPA. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan di kelas IV dan kelas V SDN Sidorejo Kecamatan Tanjung dengan 2 siklus tindakan. Subjek penelitian berjumlah 2 (dua) orang yakni guru IPA kelas IV dan guru IPA kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru IPA kelas IV dalam melaksanakan kegiatan eksplorasi, dari skor 8,0 pada siklus I menjadi 12,0 pada siklus 2, Kegiatan elaborasi dari 9,0 pada siklus I menjadi 13,0 pada siklus II, dan pada kegiatan konfirmasi dari 8,0 pada siklus I menjadi 12,5 pada siklus II. Untuk rata-rata guru IPA kelas V pada kegiatan eksplorasi dengan skor 6,0 pada siklus I meningkat menjadi 12,0 pada siklus II, kegiatan elaborasi dengan skor 6,0 pada siklus I meningkat menjadi 12,0 pada siklus II, dan pada kegiatan konfirmasi dari 7,3 pada siklus I  meningkat menjadi 12,0 pada siklus II. Skor perolehan meningkat dari 52,25% dengan kategori baik pada siklus I menjadi  78% pada siklus II atau dengan kategori sangat baik.

Kata kunci :  Kinerja guru, kegiatan eksplorasi, elaborasi, konfirmasi, Pembelajaran IPA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar